Partai Besar Tetap Patok Treshold Tinggi

Isyarat Sulit Akomodasi Koalisi Partai Tengah

Partai Besar Tetap Patok Treshold Tinggi
Partai Besar Tetap Patok Treshold Tinggi
JAKARTA - Koalisi sejumlah partai tengah terus berupaya agar parliamentary treshold (syarat lolos parlemen) tidak melonjak naik dari ketentuan Undang Undang Pemilu. Upaya partai tengah membentuk koalisi itu nampaknya tidak mendapat respon berarti dari partai besar.

Opsi kenaikan ambang batas parlemen nampaknya menjadi syarat mutlak dari partai besar demi penyederhanaan partai. "Koalisi tematis semacam itu boleh-boleh saja, tapi harap dipahami pendapat kami," kata Priyo Budi Santoso, Ketua DPP Bidang Politik Partai Golongan Karya di gedung parlemen, Jakarta, Senin (11/4).

 

Menurut Priyo, ada alasan kuat bagi Golkar mengusulkan PT sebesar lima persen. Selama ini kerap muncul suara agar sistem presidensiil yang dianut diperkuat. Kalau mau kuat, pilihan menyederhanakan partai harus ditetapkan. Kenaikan PT, kata Priyo, menjadi pilihan demi mewujudkan penyederhanaan partai. "Supaya kegaduhan tidak terjadi, menaikkan PT harusnya mendapat dukungan," ujarnya.

 

Priyo menyebut, dengan menaikkan PT, jumlah daerah pemilihan yang ada bisa dipersempit. Ini memungkinkan persaingan yang lebih sempit diantara anggota dewan. Jika dipersempit, otomatis jumlah dapil yang akan dirumuskan nantinya bakal bertambah. "Kami punya argumentasi yang bisa dipertanggungjawabkan," ujarnya.

 

JAKARTA - Koalisi sejumlah partai tengah terus berupaya agar parliamentary treshold (syarat lolos parlemen) tidak melonjak naik dari ketentuan Undang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News