Partai Buruh Australia Dukung Pengiriman Pengungsi ke Selandia Baru

Partai Buruh Australia Dukung Pengiriman Pengungsi ke Selandia Baru
Partai Buruh Australia Dukung Pengiriman Pengungsi ke Selandia Baru

Partai oposisi utama di Australia Partai Buruh telah melunakkan sikap mereka mengenai pemindahan pengungsi dari Nauru, sehingga meningkatkan tekanan kepada pemerintah untuk mengijinkan pengungsi anak-anak dari Nauru menetap di Selandia Baru.

Pengungsi Anak-anak Nauru

Pejabat Pasukan Perbatasan Australia hari Senin (22/10/2018) malam mengatakan 11 anak-anak telah dipindahkan dari Nauru dengan alasan kesehatan, dan menyisahkan 52 anak lainnya di sana.

Anggota parlemen yang baru Kerryn Phelps yang independen mengatakan hasil pemilihan sela di Wentworth yang dimenangkannya menyebabkan pemerintah mengambil keputusan memindahkan pengungsi anak-anak dari Nauru.

Pemerintah Australia sekarang mengindikasikan akan menerima tawaran Selandia Baru untuk menerima sampai 150 pengungsi, namun hanya mau melakukannya bila ada UU yang disetujui Parlemen untuk memastikan para pengungsi ini nantinya tidak akan bisa melakukan perjalanan ke Australia.

Sebelumnya Partai Buruh menentang UU tersebut ketika diusulkan di tahun 2016.

Namun sekarang Partai Buruh mengumumkan akan mendukung pelarangan perjalanan tersebut bila pemerintah menerima tawaran Selandia Baru yang pertama kali disampaikan tahun 2013, dan memindahkan seluruh anak-anak dan keluarganya dari Nauru.

"Anak-anak ini memerlukan pertolongan," kata Menteri Imigrasi Bayangan dari Partai Buruh Shayne Neumann.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News