Partai Buruh Usul Ada Pengendalian Biaya Penyelenggaraan Pendidikan di Swasta

Partai Buruh Usul Ada Pengendalian Biaya Penyelenggaraan Pendidikan di Swasta
Ilustrasi pendidikan. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Staf Khusus Departemen Ideologi dan Kaderisasi Partai Buruh Muhammad Ridha mengusulkan reformasi menyeluruh terhadap sistem pendidikan di Indonesia.

Dia mengatakan itu menyikapi data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebut biaya pendidikan terus mengalami peningkatan.

Semisal, kata Ridha, pemerintah perlu mengendalikan biaya penyelenggaraan pendidikan utamanya di sektor swasta.

"Negara harus menciptakan ambang batas biaya yang mana tidak terlalu memberatkan orang tua peserta didik terhadap sekolah swasta besar," kata dia dalam keterangan persnya, Selasa (8/8).

Namun, kata Ridha, upaya pengendalian biaya perlu diikuti dengan peningkatan yang signifikan dalam investasi di bidang pendidikan publik.

Pemerintah bisa fokus pada peningkatan infrastruktur pendidikan, pelatihan guru, dan sumber daya di semua sekolah publik.

“Hal ini akan membantu menjembatani kesenjangan dalam kualitas pendidikan dan menciptakan lingkungan di mana setiap anak memiliki kesempatan yang sama untuk berhasil,” ucap bakal calon legislatif DPR untuk Daerah Pemilihan di Jakarta itu.

Dia di sisi lain meminta pemerintah bisa memerhatikan sekolah swasta kecil yang masih melakukan pelayanan pada saat jumlah murid yang sedikit.

Staf Khusus Departemen Ideologi dan Kaderisasi Partai Buruh Muhammad Ridha mengusulkan reformasi menyeluruh terhadap sistem pendidikan di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News