Partai Kongres di India Kalah, Siap Menjadi Oposisi

Partai Kongres di India Kalah, Siap Menjadi Oposisi
Partai Kongres di India Kalah, Siap Menjadi Oposisi. Getty Images

jpnn.com - Partai Kongres di India mengaku kalah dari Partai Bharatiya Janata (BJP) dalam pemilihan umum. Secara kesatria, berkuasa itu mengatakan akan menjadi oposisi setelah saingannya unggul dalam perolehan suara.

"Kami mengakui kekalahan. Kami siap untuk menjadi oposisi," kata pemimpin senior Partai Kongres, Rajeev Shukla seperti yang dilansir BBC, Jumat (16/5).

Sementara itu, suasana kemenangan sudah terasa di markas BJP. Para pendukung BJP nampak girang menyambut hasil sementara pemilu yang menunjukkan partai oposisi pimpinan Narendra Modi itu dapat dengan mudah mengamankan 272 kursi yang dibutuhkan untuk menjadi mayoritas di parlemen.

Sekitar 551 juta orang menentukan pilihan mereka melalui 1,8 juta mesin pemungut suara untuk memilih calon anggota legislatif yang diperebutkan sebanyak 8.251 orang.

Hasil akhir pemilu sendiri akan diumumkan pada hari ini, Jumat (16/05). Namun dari kemenangan BJP ini sudah memberikan pada perkembangan pasar saham di India.

Nilai tukar rupee terhadap dollar AS terus menguat. Padahal sebelumnya pada 10 bulan terakhir, posisi uang India melemah.

Indeks Sensex melonjak 4% mencapai 24.956 dalam pembukaan perdagangan Jumat pagi, melebihi rekor sebelumnya. Sementara NSE indeks, juga menembus rekor dengan kenaikan 2,1%. (awa/jpnn)

Partai Kongres di India mengaku kalah dari Partai Bharatiya Janata (BJP) dalam pemilihan umum. Secara kesatria, berkuasa itu mengatakan akan menjadi


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News