Partai Terpidana

Partai Terpidana
Partai Terpidana
PARTAI Demokrat bak meteor ketika muncul pertama kali pada pemilu legislatif 2004. Meraup 7,45 persen suara, Partai Demokrat menduduki peringkat ke-5, mengungguli PAN dan PKS yang lebih dulu eksis. Dalam peroleh kursi di DPR RI, partai besutan Yudhoyono ini masuk empat besar, bersama Partai Golkar, PDIP dan PPP

Meskipun waktu itu Yudhoyono dianggap fenomenal lewat rakayasa konflik dengan Presiden Megawati yang melahirkan celotehan (Taufik Kiemas, suami Megawati) “jenderal kayak anak kecil”, tapi nyaris tak ada yang menduga Partai Demokrat bisa meraih suara sebanyak itu.

Yudhoyono sendiri, sebagai arsitek di belakang layar yang diam-diam kerap menggunakan ruang kantornya (Menko Polkam) untuk persiapan pendirian partai, tak pernah menduga partainya bisa lolos electoral threshold sehingga bisa menyalonkannya sebagai kandidat presiden RI.

Makanya, sebelum pemilu 2004 digelar, antara lain lewat Saifullah Yusuf (Wagub Jatim yang dulu Sekjen PKB) Yudhoyono berharap diusung capres oleh partainya Gus Dur.

PARTAI Demokrat bak meteor ketika muncul pertama kali pada pemilu legislatif 2004. Meraup 7,45 persen suara, Partai Demokrat menduduki peringkat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News