Pasar Musik Lokal Bergairah

Pasar Musik Lokal Bergairah
Pasar Musik Lokal Bergairah
JAKARTA- Banyaknya musisi baru yang bermunculan berefek terhadap penjualan kaset atau CD di Indonesia. Sebanyak 85 persen total penjualan produk musik saat ini dikuasai musik dalam negeri.

 

Data tersebut dilansir Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (Asiri) pada Januari 2009 untuk laporan perkembangan musik 2008, sejak Januari sampai Desember. "Total penjualan sepanjang 2008 adalah 15 juta kopi," kata pengamat musik Bens Leo saat jumpa pers SCTV Music Awards 2009 di Senayan City, Rabu (18/3).

 

Memang, lanjut Bens, total penjualan terus menurun. Pada 2007 tercatat 19 juta kopi dan 2006 adalah 26 juta kopi. "Tapi, dominasi musik Indonesia terus meningkat dan menjadi bukti bahwa penggemar musik Barat 'tidak' membeli album, walau mereka adalah penonton konsernya. Padahal, hingga 2002 penjualan album Barat masih mendominasi, sampai 60 persen," ulas pria berbadan langsing itu.

 

Pergeseran terjadi karena begitu banyak musisi baru yang muncul dan didukung berbagai media, khususnya TV. Rangkaian acara sejenis seperti InBox, Dahsyat, Derings, dan Klik didukung dengan acara penganugerahan bagi insan musik yang kian serius ditengarai meningkatkan penjualan kaset dan CD.

JAKARTA- Banyaknya musisi baru yang bermunculan berefek terhadap penjualan kaset atau CD di Indonesia. Sebanyak 85 persen total penjualan produk

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News