Pasca Legalkan Aborsi, Queensland Berencana Legalkan Industri Seks Komersial

Pasca Legalkan Aborsi, Queensland Berencana Legalkan Industri Seks Komersial
Pasca Legalkan Aborsi, Queensland Berencana Legalkan Industri Seks Komersial

Setelah berhasil melegalkan aborsi, Pemerintah Queensland kini mentargetkan akan melegalkan industri seks komersial.

Seorang juru bicara dari kantor Kejaksaan Agung Queensland membenarkan wacana kemungkinan dekriminalisasi profesi pekerja seksual yang saat ini sedang dibahas antara Jaksa Agung dan Menteri Kepolisian.

Ini adalah perubahan yang mengejutkan mengingat enam bulan yang lalu Menteri Kepolisian Mark Ryan mengatakan kepada ABC bahwa pemerintah Queensland tidak ada berencana untuk mendekriminalisasi pekerjaan seks komersial.

Wacana ini memang sudah masuk dalam agenda pembahasan rapat kerja Partai buruh di tingkat negara bagian Queensland bulan lalu.

"Pemerintah telah memulai proses untuk merujuk pertanyaan tentang dekriminalisasi industri pekerja seks dan pembentukan kerangka peraturan baru untuk Komisi Reformasi Hukum Queensland," kata Ryan.

Dia mengatakan Jaksa Agung memiliki kewenangan untuk merujuk pertanyaan-pertanyaan itu ke komisi.

Kelompok advokasi pekerja seks Respek telah memperbarui seruannya untuk dekriminalisasi industri pekerja seks komersial setelah kasus pengadilan awal bulan ini menyoroti betapa rentannya pekerja seks terhadap kejahatan.

Pria dituduh melakukan penipuan

Di Queensland untuk pertama kalinya, seorang pria dihukum karena melakukan penipuan oleh pengadilan Brisbane setelah dua pekerja seks melaporkannya ke polisi lantaran dia tidak membayar layanan yang sudah diterimanya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News