Pasca-Tugboat Tabrak Terminal Penumpang, KSOP Kelas I Palembang Mengawasi Pergerakan Kapal

Pasca-Tugboat Tabrak Terminal Penumpang, KSOP Kelas I Palembang Mengawasi Pergerakan Kapal
Kasi Keselamatan Berlayar KSOP Kelas I Palembang Bintarto (tidak pakai topi). Foto: Cuci Hati/JPNN.

jpnn.com - PALEMBANG - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Palembang akan mengawasi pergerakan kapal yang melintas di perairan Sumatera Selatan (Sumsel). 

Pengawasan dilakukan pascakejadian tugboat Karya Pasifik Star 8003 bertemuan tongkang batu bara yang menabrak terminal penumpang di 7 Ulu, Selasa (2/1) sekitar pukul 07.30 WIB, lalu. 

"Benar kami akan mengatur pergerakan kapal-kapal yang melintas di perairan Sungai Musi agar tidak saling serobot," ungkap Kasi Keselamatan Berlayar KSOP Kelas I Palembang Bintarto, Jumat (19/1/2024).

Dia menambahkan apabila jalan teratur, informasi cuaca sudah diberikan kepada pengguna jasa, maka tabrakan tidak akan terjadi lagi. “Kapal-kapal akan lebih tertib," ungkap Bintarto.

Selain itu, pihak KSOP Kelas I Palembang juga akan melakukan penambahan area pandu. Menurut Bintarto, tujuan penambahan pandu area ini dalam rangka keamanan pelayaran.

“Kemarin hanya di Gandus, sekarang sudah bertambah areanya hingga ke Lematang," kata Bintarto.

Lebih lanjut Bintarto mengatakan bahwa pemilik tugboat yang menabrak terminal penumpang di 7 Ulu, sudah bertanggung jawab.

Akan tetapi, lanjut dia, nilai kerugian belum bisa ditafsirkan karena masih dianalisis sampai di mana kerusakan yang terjadi.

KSOP Kelas I Palembang akan melakukan pengawasan pergerakan kapal pascakejadian tugboat menabrak terminal penumpang di 7 Ulu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News