Pascagempa 6,9 SR Pandeglang, Sejumlah Rumah Rusak

Pascagempa 6,9 SR Pandeglang, Sejumlah Rumah Rusak
Gempa. Foto ilustrasi: dokumen jawapos

jpnn.com, PANDEGLANG - Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) mencatat sejumlah kerusakan pascagempa buni tektonik bermagnitudo 6,9 Skala Richter (SR) di Pandeglang, Banten, Jumat (2/8) malam.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo mengatakan berdasar data sementara yang dihimpun Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB Jumat (2/8) Agustus 2019, pukul 22.10 WIB, tujuh rumah rusak berat, tiga sedang dan lima ringan.

"Data rumah rusak berat teridentifikasi di wilayah Kabupaten Cianjur dan Bandung Barat," kata Agus, Jumat (2/8) malam.

Agus menjelaskan, lima unit rumah rusak berat di antaranya di Desa Neglasari dan satu lainnya di Desa Tanjung Sari, Kecamatan Agrabinta, Kabupaten Cianjur. Rumah rusak berat lain tercatat satu unit di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cipeundeuy, Bandung Barat. Selain itu kerusakan di kabupaten ini juga terjadi di Kecamatan Cipatat dan Cililin. Satu rumah rusak ringan di Desa Cirawa Mekar Kecamatan Cipatat, sedangkan empat lainnya di Kecamatan Cililin.

BACA JUGA: PascaGempa, Gimana Kondisi Penerbangan di Wilayah Banten?

Sementara itu, dua unit rumah mengalami rusak ringan dan sedang di Kabupaten Sukabumi. Perincian kerusakan satu unit di Desa Jayabakti Kecamatan Cidahu dan satu lagi di Desa Sukatani, Kecamatan Parakansalak. "Kerusakan juga terjadi pada bangunan Majelis Taklim di Desa Margaluyu, Kecamatan Sukaraja, dengan katagori rusak ringan," paparnya.

Di Kota Bogor, BPBD setempat melaporkan satu unit rumah mengalami retak-retak. Berdasar pantauan Pusdalops BNPB, sejumlah 1.000 warga mengungsi di halaman Kantor Gubernur Provinsi Lampung. Sejumlah 50 lainnya di Kabupaten Lampung Selatan mengungsi di EX Hotel Lima Enam.

Gempa bumi bermagnitudo 6,9 SR yang sebelumnya dirilis bermagnitudo 7,4 SR ini dirasakan dengan durasi berbeda di beberapa wilayah. Warga di Kabupaten Pandeglang merasakan getaran 5 – 10 detik. Warga panik dan keluar rumah, sebagian mereka mengungsi ke dataran yang tinggi.

Berdasarkan data sementara yang dihimpun Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BNPB Jumat (2/8) Agustus 2019, pukul 22.10 WIB, tujuh rumah rusak berat, tiga sedang dan lima ringan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News