Pascakebakaran di Kilang Minyak Balikpapan, Pertamina Pastikan Produksi BBM Aman

Pascakebakaran di Kilang Minyak Balikpapan, Pertamina Pastikan Produksi BBM Aman
Penampakan asap hitam kebakaran yang terjadi di area PT Kilang Pertamina Internasional di Balikpapan, Kalimantan Timur. Foto : Dari Akun Instagram @BalikpapanTerkini.

jpnn.com, BALIKPAPAN - Pertamina memastikan produksi bahan bakar minyak (BBM) di Plant 5 kilang minyak Pertamina Balikpapan, Kalimantan Timur, pascakebakaran tidak terganggu.

Produksi BBM dipastikan tetap akan berjalan agar tidak mengganggu suplai ke masyarakat. Stok BBM dari kilang minyak Balikpapan saat ini masih mencukupi pemenuhan kebutuhan suplai ke Terminal BBM di Balikpapan.

PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) telah bersinergi dengan PT Pertamina Patra Niaga (PT PPN), guna memastikan produksi dan suplai BBM ke masyarakat tetap dapat berjalan normal, tanpa ada kendala. 

Bahkan Pertamina juga sudah mempersiapkan skenario alih suplai, berkoordinasi dengan Pertamina Group sebagai antisipasi untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan BBM masyarakat.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina KPI Unit Balikpapan, Ely Chandra menyampaikan, bahwa pihaknya kini sedang melakukan upaya recovery operasional kilang. 

"Saat ini tim internal Pertamina Balikpapan tengah melakukan recovery memastikan agar Plant 5 agar segera kembali beroperasi maksimal," ucapannya melalui rilisnya kepada JPNN.com, Senin (16/5/2022) sore.

Selain itu, Pertamina juga melakukan pengaturan produksi di unit-unit lainnya dalam kilang agar dapat berproduksi secara optimal. Sebab Plant 5 merupakan salah satu bagian komponen dalam menghasilkan BBM. 

"Saat ini, kami akan mengoptimalkan stok yang terdapat dalam tangki. Namun, kami juga tengah mempersiapkan rencana tambahan bahan baku produk untuk menggantikan kebutuhan komponen HOMC dari Plant 5 yang diperlukan untuk memproduksi BBM," Jelas Ely. 

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Balikpapan, Kalimantan Timur memastikan produksi BBM tetap berjalan pascakebakaran yang menewaskan 1 pekerja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News