Pasien COVID-19 Melonjak, Rumah Sakit di Garut Kekurangan Alat Bantu Pernapasan

Pasien COVID-19 Melonjak, Rumah Sakit di Garut Kekurangan Alat Bantu Pernapasan
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (kiri) bersama Bupati Garut Rudy Gunawan berjalan saat meninjau kondisi RSUD Dr Slamet Kabupaten Garut, Jumat (25/6). Foto: ANTARA/HO-Diskominfo Garut

jpnn.com, GARUT - Rumah sakit umum di Kabupaten Garut, Jawa Barat, saat ini kekurangan alat bantu pernapasan untuk pasien COVID-19.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan pemprov segera melakukan rapat untuk pengadaan alat pernapasan atau oksigen bagi pasien COVID-19 yang ditangani oleh RSUD maupun rumah sakit swasta di Garut.

"Saya lihat memang di Garut ada kekurangan alat untuk membantu pernapasan, dua hari ini akan saya rapatkan untuk kita beli dan serahkan ke Garut," kata Ridwan Kamil usai meninjau kondisi RSUD Dr Slamet Garut, Jumat (25/6).

Setelah alat pernapasan tersedia, kata dia, selanjutnya Bupati Garut yang mengatur langsung untuk penyediaan alatnya yang tidak hanya tersedia di rumah sakit pemerintah melainkan juga untuk rumah sakit swasta.

"Nanti diatur oleh pak bupati si alatnya ada yang di RSUD ada yang di rumah sakit swasta, supaya rumah sakit swasta jangan hanya merawat yang sedang, yang berat pun bisa dirawat di rumah sakit swasta," katanya.

Terkait ketersediaan oksigen di daerah lain, kata Gubernur, berdasarkan laporan di lapangan masih aman untuk tiga sampai empat hari ke depan, meski ada satu dua daerah yang kekurangan namun kondisinya masih bisa diatasi oleh pemerintah daerah.

"Saya kira bisa diselesaikan dulu oleh pak bupati, nanti pak bupati sudah bendera putih baru sama provinsi," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Garut Maskut Farid menambahkan kasus wabah COVID-19 terjadi peningkatan yang akhirnya banyak pasien harus dirawat untuk mendapatkan penanganan medis.

Rumah sakit umum di Kabupaten Garut, Jawa Barat, saat ini kekurangan alat bantu pernapasan untuk pasien COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News