Pasokan BBM & LPG Selama Ramadan Hingga Lebaran Aman, YLKI Apresiasi Pertamina

Pasokan BBM & LPG Selama Ramadan Hingga Lebaran Aman, YLKI Apresiasi Pertamina
PT Pertamina. Foto dok Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengapresiasi langkah Pertamina, yang telah mempersiapkan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquefied Petroleum Gas (LPG) untuk bulan Ramadan dan pasca-Lebaran.

"Apresiasi untuk pasokan pada saat Ramadan khususnya dan Idulfitri ini," kata Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi.

Menurut Tulus, YLKI selama bulan Ramadan hingga pasca-Idulfitri atau Lebaran belum mendapatkan maupun menerima laporan dari masyarakat mengenai persoalan pasokan, stok, dan harga BBM serta LPG.

"Sejauh ini tidak ada keluhan terkait kelangkaan ataupun harga yang melambung," tutur Tulus.

Menurutnya, tidak terjadinya kelangkaan atau telatnya pasokan maupun melambungnya harga selama bulan Ramadan dan pasca-Lebaran menjadi indikator dari sisi konsumen.

"Itu hal yang positif ketika bisa dipenuhi dari sisi pasokan‎, distribusi hingga parameter keterpenuhan hak konsumen itu adalah tidak adanya kelangkaan juga harga yang stabil," kata Tulus.

Untuk menjamin kecukupan energi bagi masyarakat, Pemerintah melalui PT Pertamina melakukan upaya-upaya, antara lain meningkatkan stok dan volume penyaluran BBM dan LPG sebagai antisipasi peningkatan kebutuhan masyarakat.

Di antaranya gasoline naik 8%, diesel naik 2%, LPG naik 5,4%, dan avtur turun 3,8% dibanding rerata normal.

Selama bulan Ramadan hingga pasca-Idulfitri atau Lebaran belum mendapatkan maupun menerima laporan dari masyarakat mengenai persoalan pasokan, stok, dan harga BBM serta LPG.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News