Pasokan Berkurang, Harga Ikan Melonjak

Pasokan Berkurang, Harga Ikan Melonjak
Pedagang ikan di Pasar Higienis Bahari Berkesan, Ternate. FOTO: Malut Post/JPNN.com

jpnn.com - TERNATE – Harga ikan di Kota Ternate kembali melonjak. Hal ini tergambar dalam pantauan Malut Post (Grup JPNN) di Pasar Higienis Bahari Berkesan kemarin (22/1).

Menurut Hamzah, pedagang ikan, kenaikan ini sudah terjadi sejak pekan lalu. “Hasil tangkapan nelayan berkurang,” katanya.

Pedagang lainnya Amir, mengaku banyak nelayan dari Sulawesi Utara memancing di rumpon yang berada di perairan Malut dan membawanya kembali ke Sulawesi Utara, sehingga menyebabkan pasokan ikan ke Ternate berkurang.

Berdasarkan pantauan, ikan sorihi 5 ekor Rp 20 ribu, sebelumnya dengan harga yang sama jumlahnya 8 - 10 ekor. Begitu juga dengan ikan komo, sebelumnya 8 ekor Rp 20 ribu, kemarin tinggal 5 ekor. Ikan dolosi juga 5 ekor Rp 25 ribu, sebelumnya 7 - 8 ekor.

Harga ikan berukuran besar seperti cakalang dan tuna juga melonjak. Ikan cakalang dan tuna berat 3 kilogram yang sebelumnya Rp 50. ribu, kemarin dijual Rp 100 ribu. Cakalang dan tuna dengan berat hingga 7 kilogram dijual hingga Rp 200 ribu, sebelumnya hanya Rp 100 ribu per ekor.(tr-03/onk/fri/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News