Paspampres Halangi Anies Dampingi Jokowi, Ini Kata Fadli Zon

Paspampres Halangi Anies Dampingi Jokowi, Ini Kata Fadli Zon
Presiden Joko Widodo dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon dalam sebuah pertemuan konsultasi pimpinan lembaga tinggi negara pada 2015. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengaku heran dengan insiden tentang anggota korps Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) melarang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendampingi Presiden Joko Widodo menyerahkan trofi Piala Presiden 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (17/2) malam. Padahal, Anies sebagai gubernur dimungkinkan secara protokoler mendampingi presiden.

"Yang ditanya tuh Pak Jokowi ya, kenapa (Anies, red) tidak diajak. Cukup mengherankan juga," kata Fadli di sebuah hotel di Jakarta Pusat, Minggu (18/2). 

Wakil ketua umum Partai Gerindra itu menjelaskan, gubernur DKI secara protokoler tetap menjadi tuan rumah dalam acara di SUGBK. Karena itu berdasar keprotokoleran maka Anies mestinya diizinkan mendampingi Jokowi turun dari kursi VVIP ke lapangan untuk prosesi penyerahan piala.

Karena itu pula Fadli menyarankan persoalan itu ditanyakan ke Sekretariat Negara. "Tanyalah kepada pihak istana negara, kenapa protokolernya seperti itu," katanya. 

Lebih lanjut Fadli mengatakan, seharusnya ada pemisahan urusan pribadi dengan keprotokoleran. Dia menduga insiden itu ada kaitannya dengan kepentingan politik Jokowi yang tak mendukung Anies pada Pilkada DKI 2017.

"Seharusnya biasa-biasa saja dikaitkan dengan kewajaran. Jangan karena itu (gubernur) tidak didukung Pak Jokowi pada waktu itu, diabaikan," katanya.(boy/jpnn)


Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengatakan, Anies Baswedan sebagai gubernur DKI dimungkinkan secara protokoler mendampingi Presiden Joko Widodo.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News