Pastikan Jumlah Guru Masih Aman

Pastikan Jumlah Guru Masih Aman
Pastikan Jumlah Guru Masih Aman
JAKARTA--Direktur Pembinaan Tenaga Pendidik dan Kependidikan Dasar Kementerian Pendidikan Nasional, Sumarna Surapranata, mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk  tidak perlu khawatir akan kekurangan jumlah guru pada 2014. Menurutnya, berdasarkan rasio secara nasional, jumlah guru pendidikan dasar saat ini masih berada di atas normal.

"Perbandingan jumlah guru pendidikan dasar saat ini satu banding 18 dari rasio normal satu banding 20 yang ditetapkan. Sehingga tidak ada alasan bagi dinas-dinas pendidikan di daerah, khususnya di DKI Jakarta untuk khawatir kekurangan guru," ungkap Sumarna kepada wartawan di Gedung Kemdiknas, Jakarta, Kamis (3/3).

Hanya saja menurut Sumarna, pemenuhan kebutuhan guru masih terkendala masalah persebaran. Sehingga masih banyak guru yang jumlah jam mengajarnya belum sesuai dengan perundangan, yakni 24 jam per bulan. "Saat ini saja baru sekitar 44 persen guru yang mengajar sesuai dengan peraturan perundangan,” papar Sumarna.

Berdasarkan penghitungan Kemdiknas, sepanjang 2010-2014 hanya ada 171.109 orang guru yang akan pensiun dari total 2.109.507 guru pendidikan dasar (SD dan SMP) di seluruh Indonesia “Kami juga sudah memperhitungkan, bahkan hingga sepuluh tahun mendatang akan terjadi pensiun massal, sekitar lebih kurang 400 ribu orang,” pungkasnya.

JAKARTA--Direktur Pembinaan Tenaga Pendidik dan Kependidikan Dasar Kementerian Pendidikan Nasional, Sumarna Surapranata, mengimbau kepada seluruh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News