Patroli Libas Illegal Logging, Mobil Petugas Kehutanan Diduga Dibakar, Polisi Bergerak Mengusut

Patroli Libas Illegal Logging, Mobil Petugas Kehutanan Diduga Dibakar, Polisi Bergerak Mengusut
Mobil petugas kehutanan Putussibau Utara terbakar di sekitar lokasi aktivitas ilegal logging di Kecamatan Putussibau Utara wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Sabtu (13/2/2021). (FOTO ANTARANEWS/Timotius)

jpnn.com, KAPUAS HULU - Mobil dinas petugas kehutanan dari Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, diduga dibakar oknum tertentu ketika melaksanakan patroli aktivitas illegal logging di sana.

"Kami sedang melaksanakan patroli ke lokasi aktivitas illegal logging, mobil kami terbakar dan diduga dibakar," kata Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat KPH Putussibau Utara Beri Hutasoit di lokasi kejadian di Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Sabtu (13/2).

Kendati demikian, Beri menambahkan bahwa pihaknya tidak melihat pelaku pembakaran mobil dinas tersebut, karena saat kejadian sedang memeriksa aktivitas illegal logging atau pembalakan hutan secara liar.

Menurut Beri, mobil tersebut di parkir di pinggir jalan poros lintas utara, sedangkan pihaknya masuk ke lokasi penebangan hutan secara ilegal.

"Kami temukan aktivitas illegal logging dan sejumlah tumpukan kayu yang hendak diangkut namun kami tahan, dan kami pun sempat berdebat dengan oknum yang datang ke lokasi yang hendak membeli kayu," ucap dia.

Kasat Reskrim Polres Kapuas Hulu AKP Rando mengatakan peristiwa kebakaran mobil dinas petugas kehutanan tersebut akan segera diselidiki.

"Kami akan melakukan olah TKP dan memintai keterangan saksi-saksi, termasuk juga kepemilikan kayu dan aktivitas illegal logging," kata Rando.

Pantauan di lokasi kejadian, mobil tersebut tampak telah hangus terbakar tinggal kerangka dan dipadamkan petugas pemadam kebakaran Pemkab Kapuas Hulu yang dibantu TNI, Polri dan Satpol PP Kapuas Hulu. (antara/jpnn)

Mobil diduga dibakar saat diparkir di pinggir jalan, dan petugas kehutanan tengah masuk memeriksa dugaan akvitas illegal logging.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News