Paus Fransiskus Kunjungi Pengungsi Rohingya Hari Ini

Paus Fransiskus Kunjungi Pengungsi Rohingya Hari Ini
Paus Fransiskus. Foto: AFP

jpnn.com, YANGON - Paus Fransiskus tiba di Myanmar kemarin, Senin (27/11). Bapa suci umat Katolik sedunia itu disambut dengan ramah oleh perwakilan suku-suku bangsa di Myanmar.

Dalam balutan pakaian tradisional, mereka menyambut kedatangan Paus di Bandara Yangon. Itu merupakan kunjungan pertama Paus di kawasan Asia Tenggara sepanjang 2017.

Sebelum memasuki mobil yang hendak membawanya ke pusat kota Yangon, paus sempat menerima kalungan bunga dari seorang bocah Myanmar. Dia lantas melambai ke arah para penyambutnya yang mengibarkan bendera mini Myanmar dan Vatikan.

Dari bandara, Paus menuju ke Katedral Santa Maria untuk bertemu Jenderal Min Aung Hlaing, salah seorang petinggi militer Myanmar.

’’Mereka membicarakan banyak hal tentang Myanmar. Terutama tanggung jawab dan tugas pemerintah pada masa transisi sekarang ini,’’ kata Greg Burke, jubir Vatikan, tentang pertemuan Paus dengan Aung Hlaing.

Tidak disebutkan apakah Rohingya masuk perbincangan itu atau tidak. Paus dan sang jenderal senior hanya berbincang sekitar 15 menit. Kemudian, keduanya bertukar bingkisan.

Kepada Aung Hlaing, Paus menghadiahkan medali yang didesain khusus untuk mengenang kunjungannya ke Myanmar. Sementara itu, Aung Hlaing memberikan harpa dalam bentuk kapal.

’’Jenderal juga memberikan sebuah hiasan berupa tiruan nasi di dalam mangkuk,’’ ujar Burke di hadapan wartawan kemarin.

Dari Myanmar, Paus akan melanjutkan lawatannya ke Bangladesh untuk menemui perwakilan kaum Rohingya yang melarikan diri dari Myanmar

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News