PBB Berhasil Bebaskan Anak-anak yang jadi Milisi

PBB Berhasil Bebaskan Anak-anak yang jadi Milisi
PBB Berhasil Bebaskan Anak-anak yang jadi Milisi

jpnn.com - KONGO--Pasukan penjaga perdamaian di Kongo, berhasil membebaskan sekitar 82 anak yang menjadi anggota kelompok bersenjata.

Sekitar 40 anak yang berhasil diselamatkan ini langsung dikembalikan ke keluarga mereka dan sisanya dilaporkan dibawa ke pusat rehabilitasi.

Juru bicara misi perdamaian PBB, Martin Kobler mengatakan, anak-anak yang paling muda berusia delapan tahun termasuk 13 anak perempuan. "Mereka dipaksa direkrut untuk menjadi milisi selama enam bulan oleh milisi Mai Mai Bakata Katanga," ujarnya seperti dilansir BBC (17/8).

Kelompok Mai Mai Bakata ini aktif di Provinsi Katanga di kawasan tenggara Kongo. Kawasan ini masih sangat berbahaya, di mana milisi lokal menuntut distribusi kesejahteraan yang adil antara kaum miskin di utara Katanga dengan kawasan selatan, di mana banyak perusahaan tambang asing beroperasi.

"Kami sangat khawatir dengan laporan perekrutan anak-anak oleh Mai Mai Bakata Katanga dan kelompok bersenjata lainnya di timur Republik Demokratik Kongo," lanjutnya.

Sejak awal tahun, 163 anak-anak, termasuk 22 anak perempuan, berhasil dibebaskan dari milisi.

"Anak-anak menghadapi resiko yang tidak bisa diterima saat mereka direkrut untuk kepentingan militer. Anak-anak, terutama di bawah usia 15 tahun bisa terpapar dalam kejahatan perang dan mereka yang bertanggung jawab harus diadili," pungkasnya. (esy/jpnn)

 


KONGO--Pasukan penjaga perdamaian di Kongo, berhasil membebaskan sekitar 82 anak yang menjadi anggota kelompok bersenjata. Sekitar 40 anak yang berhasil


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News