PBB Kumpulkan Dana Kampanye Hampir Rp30 Miliar

PBB Kumpulkan Dana Kampanye Hampir Rp30 Miliar
Partai Bulan Bintang. Foto: Dok

jpnn.com - JAKARTA - Partai Bulan Bintang (PBB) telah mengumpulkan dana kampanye Pemilu 2014 sebesar Rp29,64 miliar. Hal tersebut dilaporkan oleh Sekjen PBB, BM Wibowo ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Dana kampanye berasal dari sumbangan calon legislatif (caleg) dan partai politik (parpol). Hingga kini, partai besutan Yusril Izha Mahendra itu belum mendapat sumbangan dana dari pihak luar.

"Badan usaha nihil, paling banyak sumbangan dari caleg bernilai Rp29,1 miliar," ujar BM Wibowo kepada wartawan di kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Jumat (27/12).

Dijelaskannya, saat ini baru 540 dari 556 caleg PBB terdaftar yang telah memberikan sumbangan. Rata-rata caleg menyumbangkan sekitar Rp50 juta.

"Tidak ada kewajiban (menyumbang), orang mengeluarkan dana kampanye untuk kepentingan sendiri. Jumlahnya juga lain-lain tergantung dapil, daerah yang lebih mahal sumbangannya lebih besar," papar Wibowo.

Lebih lanjut, Wibowo mengatakan bahwa partai cukup kewalahan dalam mengumpulkan laporan penerimaan dana kampanye. Pasalnya, KPU mengeluarkan ketentuan pelaporan dana kampanye secara mendadak.

"Sebetulnya soal kewajiban lapor baru saja juga (diketahui), ada masalah teknis seperti caleg yang susah dihubungi, tetapi tidak mayoritas," pungkasnya. (dil/jpnn)


JAKARTA - Partai Bulan Bintang (PBB) telah mengumpulkan dana kampanye Pemilu 2014 sebesar Rp29,64 miliar. Hal tersebut dilaporkan oleh Sekjen PBB,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News