PBB Tiba tanpa Bantuan Makanan

PBB Tiba tanpa Bantuan Makanan
Foto : REUTERS/Les Neuhaus
KIBATI - Bantuan PBB untuk 250 ribu pengungsi tragedi kemanusiaan di Kongo akhirnya tiba Senin (3/11). Mereka membawa obat-obatan, air bersih, dan peralatan sanitasi. Tapi, mereka tidak membawa sesuatu yang sangat dibutuhkan, yakni makanan. Padahal, para pengungsi sangat menantinya.

"Semua lapar, semua lapar," ujar Jean Bizy, 25, seorang guru. Dia harus bertahan hidup beberapa hari dengan makan pisang liar di hutan.

Menurut Gloria Fernandez, koordinator PBB untuk urusan kemanusiaan di Kongo, bantuan makanan baru akan datang Selasa pekan depan. Parahnya, pasukan PBB bahkan kehabisan makanan. Berdasar pantauan AP, konvoi PBB tak lagi mengirimkan sekarung kentang untuk pasukannya di Rugari.

Konvoi 12 kendaraan pengangkut bantuan itu melintasi wilayah pemberontak pimpinan Jenderal Laurent Nkunda, yakni Rutshuru. Sejak gencatan senjata dikumandangkan, pasukan pemerintah maupun pemberontak berpadu mengamankan laju kendaraan bantuan PBB.

KIBATI - Bantuan PBB untuk 250 ribu pengungsi tragedi kemanusiaan di Kongo akhirnya tiba Senin (3/11). Mereka membawa obat-obatan, air bersih, dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News