PBB Ungkap 21 Negara yang Punya Catatan Pelanggaran HAM, Indonesia Termasuk?

PBB Ungkap 21 Negara yang Punya Catatan Pelanggaran HAM, Indonesia Termasuk?
Menko Polhukam Mahfud MD berbicara soal daftar 21 negara yang memiliki catatan pelanggaran HAM. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) memiliki daftar 21 negara yang perkembangan HAM-nya dirujuk. Namun, dalam daftar itu, tidak ada nama Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengeklaim Indonesia tidak memiliki catatan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di Dewan HAM PBB.

"Yang lebih menggembirakan lagi, di Dewan HAM PBB, tidak ada catatan apa pun tentang pelanggaran HAM di Indonesia," kata Mahfud.

Hal itu dikatakannya dalam konferensi pers secara virtual mengenai kunjungannya ke Dewan HAM PBB dan Komisi Tinggi HAM PBB di Jenewa, Swiss.

Dalam pidato Pembukaan Sesi Ke-50 Sidang Dewan HAM yang disampaikan Komisioner Tinggi HAM PBB, lanjut dia, Indonesia tidak termasuk dalam daftar 21 negara yang perkembangan HAM-nya sedang dirujuk oleh mereka.

"Komisioner Tinggi HAM menyebut 21 negara yang perkembangan HAM-nya dirujuk, Indonesia tidak termasuk di dalamnya," ujar Mahfud. 

Dia mengatakan Indonesia sudah tiga kali berturut-turut sejak 2021 sampai 2022 ini tidak menjadi negara yang dinilai oleh Dewan HAM PBB memiliki permasalahan mengenai pelanggaran HAM.

"Sudah tiga tahun ini, tepatnya sejak 2020, Dewan HAM PBB tidak menyebut Indonesia dalam catatan negara yang punya masalah pelanggaran HAM," kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini.

Mahfud MD mengeklaim Indonesia beberapa tahun belakangan tidak memiliki catatan pelanggaran HAM

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News