PCINU Malaysia Bagikan Paket Sembako Kepada TKI Terdampak Covid-19

PCINU Malaysia Bagikan Paket Sembako Kepada TKI Terdampak Covid-19
Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Malaysia membagikan paket sembako kepada sejumlah TKI terdampak Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) di Malaysia akibat pandemi Covid-19, Minggu (26/4). Foto: Humas PBNU

jpnn.com, KUALA LUMPUR - Hampir satu bulan, terhitung sejak 27 Maret 2020 lalu hingga sekarang Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Malaysia sibuk mendistribusikan paket sembako kepada sejumlah TKI terdampak Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) di Malaysia akibat pandemi Covid-19.  

Paket sembako yang dibagikan hingga lima tahap itu baru menyentuh dua kawasan, yakni wilayah Kuala Lumpur dan Selangor. TKI di kawasan lain Negeri Jiran itu belum seluruhnya tersentuh.  

Ketua Pelaksana Aksi Kemanusiaan, Mahfud Budiono mengatakan kegiatan tersebut sukses atas dukungan beberapa pihak yakni Pertubuhan NU Kuala Lumpur-Selangor (PNUKS), Muslimat NU, Fatayat NU, Pagar Nusa, Ansor-Banser, KMNU, Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), dan Persatuan Alumni Darul Ulum Banyuanyar (Peradaban).   

“Insyaallah penyaluran bantuan akan terus berlanjut sampai PKP di Malaysia berakhir," kata Mahfud Budiono, Minggu (26/4).  

Dia menambahkan sampai saat ini tercatat sudah 5.000 kantong beras dibagikan atau setara dengan 25 ton. Sebelum dibagikan, per kantong ditambahi telor, minyak goreng, dan mie instan.  

Pria yang juga salah seorang PCINU Malaysia Departemen Jaringan Internasional ini menjelaskan penerima manfaat dari bantuan itu sendiri terdiri dari berbagai golongan TKI yang bekerja di berbagai sektor. Sedangkan penerima manfaat terbanyak adalah mereka yang bekerja di sektor bangunan dan tinggal di gubuk sementara, yaitu di tapak bangunan (kongsi).  

“Kemudian sektor lainnya adalah mereka yang tinggal di rumah sewa, kategori yang kedua ini biasanya mereka yang bekerja di sektor service seperti, cleaning service, pramusaji, landscape," urainya seperti dilansir dalam siaran pers Humas PBNU.

Mahfud berharap semua anggota PCINU beserta seluruh badan otonomnya bisa terus bergandengan tangan untuk membantu TKI yang sedang memerlukan bantuan. Para dermawan yang juga hendak membantu bersama-sama meringankan beban warga terimbas PKP bisa bersinergi dengan PCINU Malaysia.  

Paket sembako yang dibagikan PCINU Malaysia hingga lima tahap itu baru menyentuh dua kawasan, yakni wilayah Kuala Lumpur dan Selangor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News