PDAM Luncurkan Program 10 Juta SR

PDAM Luncurkan Program 10 Juta SR
PDAM Luncurkan Program 10 Juta SR
JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto meminta para kepala daerah untuk menangkap peluang sambungan 10 juta sambungan rumah (SR) Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM). Hanya saja, PDAM yang bisa meminta program itu bila perusahaan daerah tersebut dinyatakan sehat, dengan lain kata tak ada sangkutan utang ke Departemen Keuangan.

“Saya sangat berharap daerah menangkap peluang ini. Pemerintah pusat sudah agendakan 10 juta sambungan rumah. Masak, dari ratusan PDAM baru ada sekitar 49 PDAM se-Indonesia yang ambil program itu. Kan sangat disayangkan,” papar Djoko. Dia pun bertanya kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani, terkait cara pengembangan PDAM dengan program pemerintah pusat itu. “Saya tanya buk Sri, dia bilang baru beberapa yang daftar. Padahal peluang ini bagus sekali, ayo silahkan semuanya ambil peluang ini,” ujar dia.

Djoko mengaku sudah keliling ke sejumlah daerah, seperti Medan, Palembang, Mataram, Samarinda, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Papua, dan berbagai pelosok tanah air. “Informasi yang didapat selain soal pembangunan infrastruktur, ya itu tadi, air bersih. Nah, ini ada peluang. Sebenarnya membuat PDAM sehat tidak sulit, kan bunga dan denda bisa dihapus pemerintah, sekarang tinggal utang pokok. Disinilah peran pemerintah daerah membicarakannya,” papar Djoko.(gus/jpnn)

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto meminta para kepala daerah untuk menangkap peluang sambungan 10 juta sambungan rumah (SR) Perusahaan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News