Krisis, Ekspor LNG Menyusut

Krisis, Ekspor LNG Menyusut
Krisis, Ekspor LNG Menyusut
JAKARTA- Resesi perekonomian global membuat konsumsi energi negara-negara industri menyusut. Akibatnya, beberapa negara utama pengimpor gas alam cair (liquified natural gas/LNG) menunda pembeliannya.

   

Kepala Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BPMigas) R. Priyono mengatakan, penundaan pembelian tersebut membuat gas yang sudah diproduksi tidak bisa dihitung sebagai lifting (produksi siap jual). "Kalau tidak terjual, tentu tidak bisa di-lifting," ujarnya di Jakarta akhir pekan lalu.

   

Akibat penundaan impor tersebut, upaya pencapaian target lifting gas dalam APBN 2009 sebesar 7,56 miliar kaki kubik per hari (BSCFD) pun terancam meleset. Saat ditanya risiko tersebut, Priyono hanya menjawab singkat. "Yah, (inilah imbas) global economic crisis," katanya.

   

Priyono mengakui, belum ada angka pasti berapa besar delay impor LNG. Namun yang jelas, tiga negara utama importer LNG asal Indonesia, yakni Jepang, Korea, dan Taiwan, sudah menyampaikan potensi delay tersebut. "Industri di sana sedang drop, mereka sudah sounding untuk delay (impor)," terangnya.

   

JAKARTA- Resesi perekonomian global membuat konsumsi energi negara-negara industri menyusut. Akibatnya, beberapa negara utama pengimpor gas alam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News