PDI-P Siap Turunkan Nilai Tawar

PDI-P Siap Turunkan Nilai Tawar
PDI-P Siap Turunkan Nilai Tawar
JAKARTA – Fraksi PDIP tidak akan ngotot mempertahankan syarat perolehan parpol yang dapat mengusung pasangan capres/cawapres. Bahkan Fraksi terbesar kedua di DPR itu sedang mempertimbangkan untuk menurunkan tawaran dari 25 persen perolehan kursi menjadi 20 persen kursi atau 20 persen suara.

Karenanya, FPDIP tetap mengharapkan fraksi-fraksi lain mau menaikkan tawaran. "Kita mempertimbangkan menurunkan tawaran asalkan fraksi-fraksi lain terutama fraksi menengah mau menaikkan tawaran," ujar Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) RUU Pilpres dari Fraksi PDI-P, Yasona H Laoly di Jakarta, Jumat (24/10).

Namun demikian FDIP tetap bertahan agar jangan sampai syarat perolehan suara hanya pada angka 15 persen kursi partai di DPR ataupun 20 persen dari suara sah nasional. Alasannya, hal itu akan mengakibatkan koalisi yang dibangun tidak efektif.

"Dukungan sebesar itu (15/20 persen) tidak dapat mewujudkan koalisi permanen dan dukungan parlemen yang kokoh terhadap pemerintah. Padahal pemerintah memerlukan dukungan parlemen," cetusnya.

JAKARTA – Fraksi PDIP tidak akan ngotot mempertahankan syarat perolehan parpol yang dapat mengusung pasangan capres/cawapres. Bahkan Fraksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News