PDIP Ajak Partai Penguasa Jepang Bekerja Sama

PDIP Ajak Partai Penguasa Jepang Bekerja Sama
Pertemuan antara Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dengan Sekjen LDP Toshihiro Nikai di Tokyo, Jepang, Senin (28/8). Foto: PDIP for JPNN

jpnn.com, TOKYO - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengunjungi markas Liberal Demokratic Party (LDP) atau Partai Demokratik Liberal Jepang di Tokyo, Senin (28/8). Kunjungan itu dalam rangka balasan sekaligus mematangkan rencana kerja sama antara PDIP dengan LDP.

Sebelumnya, Ketua Dewan Riset Kebijakan LDP Motegi Toshimitsu pada 27 Juli lalu sudah mengungjungi kantor DPP PDIP di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat. Kini, giliran Hasto bersama Kepala Balitbang PDIP Heri Akhmadi dan anggota Fraksi PDIP DPR Daniel Tobing menemui petinggi partai pimpinan Shinzo Abe itu.

Hasto dalam kunjungannya di markas LDP bermaksud membicarakan nota kesepahaman (MoU) tentang kesepakatan kerja sama antara kedua partai politik. Hasto dan rombongan disambut langsung oleh Sekretaris Jenderal LDP Toshihiro Nikai.

Langkah itu sebagai upaya menguatkan kerja sama antara Indonesia dengan Jepang. Dari diskusi kedua pihak, kesepakatan kerja sama antara PDIP dengan LDP akan diresmikan pada tahun depan atau bersamaan dengan peringatan 60 tahun hubungan Indonesia dengan Negeri Sakura itu.

PDIP Ajak Partai Penguasa Jepang Bekerja Sama

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Sekjen LDP Toshihiro Nikai. Foto: publicist PDIP for JPNN

Pertemuan antara Hasto dengan Toshihiro digelar di sebuah ruangan kerja Shinzo Abe yang kini menjadi Perdana Menteri Jepang. Di hadapan petinggi LDP, Hasto mengatakan bahwa kedatangannya atas instruksi Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Kami datang dalam rangka mempersiapkan program peringatan 60 tahun hubungan Indonesia-Jepang dengan keinginan menawarkan kerja sama resmi dengan LDP, partai berkuasa Jepang yang puluhan tahun sudah terbukti mendapat kepercayaan rakyat Jepang. Dan kedatangan kami adalah instruksi dari Ibu Ketua Umum PDI Perjuangan," ujar Hasto sebagaimana siaran perd DPP PDIP.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengunjungi markas Liberal Demokratic Party (LDP) atau Partai Demokratik Liberal Jepang di Tokyo,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News