PDIP: Aneh, Jika Pengusung Jokowi-JK tak Dapat Jatah Menteri

PDIP: Aneh, Jika Pengusung Jokowi-JK tak Dapat Jatah Menteri
Jokowi dan Jusuf Kalla bersama sejumlah pengurus parpol pengusung. Foto: Dok JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - PDI Perjuangan memastikan 16 kementerian yang akan diisi orang dari profesional partai merupakan wujud penghargaan dari capres terpilih Joko Widodo (Jokowi).

"Ada penghargaan atas kerja dan keringat parpol-parpol pengusung," kata politikus PDIP Eva Kusuma Sundari dilansir Rakyat Merdeka Online (JPNN Grup), Sabtu (20/9).

Menurutnya, pembagian kursi menteri terhadap kader dari partai-partai yang ada dalam Koalisi Indonesia Hebat berdasarkan asas keadilan.

"Nyapres kan pakai tiket parpol, nyari suara juga pakai struktur parpol di segmen pemilih. Aneh kalau parpol-parpol yang pegang saham tidak ada jatah menteri. Sedangkan, profesional yang tidak ikut tarung lalu menguasai panggung," jelas anggota Komisi III DPR tersebut.

Eva menambahkan, 16 kursi menteri yang diberikan kepada kader partai bukan awal dari tawar-menawar untuk mengusung Jokowi. Pasalnya, komposisi kabinet merupakan hak prerogratif penuh Jokowi selaku capres terpilih.

"Ini bukti Jokowi membuktikan awal. Koalisi tanpa syarat atau non transaksional dan memperkuat presidensil. Dia tunjukkan basis kinerja yang berkeadilan," tandas Eva.(why)


JAKARTA - PDI Perjuangan memastikan 16 kementerian yang akan diisi orang dari profesional partai merupakan wujud penghargaan dari capres terpilih


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News