PDIP Bakal Kumpulkan 12 Ribu Kader untuk Rayakan Ultah ke-46

PDIP Bakal Kumpulkan 12 Ribu Kader untuk Rayakan Ultah ke-46
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dan Mendagri Tjahjo Kumolo saat jumpa pers jelang HUT PDI Perjuangan di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Kamis (3/1). Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - PDI Perjuangan akan merayakan ulang tahunnya yang ke-46 pada 10 Januari mendatang. Rencananya, lebih dari 12 ribu kader partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu akan hadir pada perayaan ultah yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, ulang tahun partai pemenang Pemilu 2014 itu akan mengangkat tema Persatuan Indonesia Membumikan Pancasila. Menurutnya, tema itu untuk merefleksikan Indonesia sebagai satu kesatuan wilayah geografis yang terbentang di antara dua benua dan dua samudera.

“Dan semuanya menjadi satu karena Pancasila,” ujar Hasto dalam jumpa pers di DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (3/1). Mantan Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo dan Wakil Sekjen PDIP Utut Adianto juga hadir dalam jumpa pers itu.

Hasto menambahkan, tema itu mengingatkan makna pemilu agar tidak dipersempit dan menurunkan peradaban bangsa. "Indonesia satu rasa jiwa senasib sepenanggungan yang ingin berperan besar di dalam peradaban dunia ini," tuturnya.

Sedangkan Utut mengatakan, perayaan ultah PDIP akan dihadiri oleh jumlah peserta hingga lebih dari 12 ribuan kader, termasuk pimpinan anak cabang (PAC) atau pengurus tingkat kecamatan. Rinciannya adalah 8.240 kader dari struktur DPP, dewan pimpinan daerah (DPD) atau tingkat provinsi, dewan pimpinan cabang (DPC) atau kabupaten/kota, serta PAC.

“Ada 514 pengurus DPC setingkat kabupaten atau kota dan 6.569 PAC setingkat kecamatan," kata Utut.

Wakil ketua DPR itu menambahkan, ultah ke-46 PDIP juga akan dihadiri kader-kadernya yang duduk di kursi legislatif di pusat, provinsi ataupun kabupaten/kota. Saat ini PDIP memiliki 3.849 kader yang duduk di DPR, DPRD provinsi dan kabupaten/kota.

Selain itu, kader PDIP yang duduk di struktur DPP, jabatan eksekutif di pusat dan daerah juga akan hadir dalam perayaan ultah sekaligus rapat koordinasi nasional (rakornas) itu. Total ada 188 orang, termasuk Presiden Joko Widodo.

PDI Perjuangan akan merayakan ulang tahunnya yang ke-46 pada 10 Januari mendatana di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News