PDIP dan Gerindra Partai Paling Digandrungi Pengguna Medsos

PDIP dan Gerindra Partai Paling Digandrungi Pengguna Medsos
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Foto: dok jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Bukan sesuatu yang mengagetkan kalau Partai Gerindra dan PDI Perjuangan menempati urutan teratas sebagai partai dengan followers terbanyak di media sosial. Sebab, sedari awal kedua partai tersebut menggarap serius anak muda di dunia maya. 

"Tapi perlu diingat followers menyukai Gerinda bukan karena program partai. Tapi lebih kepada sosok Prabowo Subianto. Begitu juga PDIP banyak pengikutnya karena kagum dengan sosok Jokowinya," jelas Direktur Eksekutif Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC), Djayadi Hanan, saat dihubungi, Selasa (2/2).

Begitu juga Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menduduki posisi ketiga partai dengan followers terbanyak juga tidak mengherankan. Karena sejak partai debutan tersebut memang serius menggarap media sosial.  "Yang penting bagaimana cara mengolah strategi kampanye melalui medsos yang disukai anak muda dan tidak membosankan," saran dia.

Namun, dia mengingatkan, banyaknya followers partai di media sosial tidak akan berpengaruh terhadap jumlah pemilih dalam pemilu 2019. Sebab, para followers belum tentu juga punya hak pilih ataupun berminat menggunakan hak suara mereka. 

"Yang pasti followers media sosial adalah anak-anak muda umur 17-25 tahun dan juga berasal dari masyarakat perkotaan," kata Djayadi. 

Berdasarkan perkiraan Djayadi, jumlah pemilih pemula yang berusia 17-25 tahun dan aktif di media sosial sebanyak 15 persen dari jumlah pemilih sebanyak 180 juta. "Ini cukup potensial digarap. Minimal mengenalkan program partai kepada anak-anak muda dan juga masyarakat urban," tandasnya.

Namun jangan menjadi prioritas utama, sebab, lanjut dia, jumlah pemilih terbesar tetap masyarakat yang tinggal dipedesaan yang tidak memiliki akses Internet. "Medsos hanya salah satu cara utama untuk menjaring anak muda," ucapnya.

Sebelumnya, berdasarkan temuan Instute for Transformation Studies (INTRANS) di media sosial seperti, Facebook fans, Twitter followers, Instragram followers, Google+ followers, dan YouTube subscribers, yang dirilis Jumat lalu, Gerindra sebagai partai yang mempunyai paling banyak pengikut sebanyak 3,8 juta followers. 

JAKARTA - Bukan sesuatu yang mengagetkan kalau Partai Gerindra dan PDI Perjuangan menempati urutan teratas sebagai partai dengan followers terbanyak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News