PDIP Gelorakan Kemandirian Pangan di Tengah Pandemi Corona

PDIP Gelorakan Kemandirian Pangan di Tengah Pandemi Corona
PDIP mengumumkan nama-nama pasangan bakal calon kepala daerah-wakil kepala daerah di Pilkada 2020. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PDI Perjuangan menjadikan Bulan Bung Karno sebagai momentum berbenah menuju daulat pangan di tengah pandemi Covid-19.

Pasalnya, PDIP menilai kedaulatan pangan merupakan aspek mendasar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat agar terciptanya kehidupan sosial yang maju.

Hal ini disampaikan Ketua Bidang Kelautan, Perikanan dan Nelayan DPP PDI Perjuangan Rokhmin Dahuri saat membuka webinar dengan tema Kedaulatan Pangan dalam rangka peringatan Bulan Bung Karno pada Selasa (23/6).

Hadir dalam diskusi itu, Guru Besar Ilmu Perekonomian Pertanian Unila Bustanul Arifin, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, anggota DPR Komisi IV Mindo Sianipar, Kirana Larasati dan ratusan pengurus PDIP di tingkat daerah.

Rokhmin menerangkan, PDIP sejak dulu selalu mengutamakan kemandirian bangsa melalui kedaulatan pangan.

Bahkan, kata Rokhmin, hal itu selalu disuarakan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam berbagai acara internal maupun eksternal partai.

Ada alasan yang kuat untuk itu. Dia mengutip pernyataan badan dunia, WHO, yang merumuskan hasil penelitian bahwa suatu negara dengan penduduk dari 100 juta itu akan sukar menjadi maju sejahtera dan berdaulat kalau kebutuhan pangannya bergantung pada impor.

"Karena itu, kalau saudara mengikuti Rakornas, atau rapat-rapat nasional partai yang lainnya, selalu ibu Ketua Umum menekankan betapa seluruh pilar partai baik di eksekutif, legislatif dan struktur partai di seluruh tanah air harus benar-benar memperkuat dan mengembangkan kedaulatan pangan kita," kata Rokhmin dalam paparannya.

Rokhmin menerangkan, PDIP sejak dahulu selalu mengutamakan kemandirian bangsa melalui kedaulatan pangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News