PDIP Hanya Jaring Cawagub DKI Jakarta

PDIP Hanya Jaring Cawagub DKI Jakarta
PDIP Hanya Jaring Cawagub DKI Jakarta
JAKARTA - Tak memenuhi kuota perolehan kursi di DPRD DKI Jakarta, PDI Perjuangan memilih untuk fokus mencari figur bakal calon wakil gubernur dalam Pilkada 2012. Meski demikian, politisi partai berlambang banteng itu belum bisa memastikan siapa nama yang akan diusung sebagai bakal calon wakil gubernur. Sebab hanya memperoleh 11 kursi dalam Pemilu 2009.

“Harus realistis, kami tak bisa mencalonkan gubernur. Karena untuk mengajukan nama calon gubernur butuh 15 kursi. Itu bisa ditempuh dengan koalisi,” ujar Sjahrial, Ketua Fraksi PDIP.

Kendati belum memastikan dukungan, fraksi sudah cenderung dengan sejumlah nama untuk bakal calon gubernur. Di antaranya, Rano Karno, Boy Sadikin dan Wiliam Yani. “Tentunya masih terbuka peluang. Bisa saja figur yang ditunjuk langsung oleh DPP. Namanya politik bisa berubah terus,” tandas Sjahrial.

Selain itu, pihaknya juga masih menunggu ada atau tidak perubahan aturan Pilkada. Adanya wacana mengembalikan pemilihan gubernur melalui pungutan suara di DPRD juga berdampak terhadap sikap para politisi. Apabila Pilkada 2012 berjalan dengan sistem pemilihan langsung dengan pungutan suara rakyat Jakarta, pihaknya cenderung memilih figur bakal calon gubernur yang memiliki tingkat popularitas tinggi. “Akan usung publik figur yang terkenal,” ungkap Sjahrial.

JAKARTA - Tak memenuhi kuota perolehan kursi di DPRD DKI Jakarta, PDI Perjuangan memilih untuk fokus mencari figur bakal calon wakil gubernur dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News