PDIP Harap Nyepi Jadi Momentum Keseimbangan Kehidupan

PDIP Harap Nyepi Jadi Momentum Keseimbangan Kehidupan
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyampaikan selamat Hari Raya Nyepi bagi seluruh umat Hindu. Hasto mengharapkan Nyepi menjadi momentum keseimbangan kehidupan guna menyucikan alam manusia dan alam semesta.

“Nyepi merupakan day of silence. Ada catur brata yang dilakukan: tidak bepergian, tidak menggunakan api, tidak bekerja, dan tidak mendengarkan hiburan. Suatu tradisi mengistirahatkan bumi guna menjaga keseimbangan manusia dengan Sang Pencipta, manusia dengan alam raya, dan manusia dengan sesamanya," kata Hasto dalam keterangan yang diterima, Rabu (25/3).

Hasto menerangkan, perayaan Nyepi harus memajukan seluruh aspek kemanusiaan. Termasuk bagaimana manusia menghadapi virus Corona.

“Di mana pemerintah bersama seluruh rakyat Indonesia sedang berjuang menghentikan penyebaran Covid-19. Di balik pandemi tersebut ada panggilan nasional bagaimana rakyat Indonesia harus bersatu menjaga keseimbangan lingkungan dan seluruh alam semesta," kata dia.

Politikus asal Yogyakarta ini mendorong masyarakat bekerja, belajar dan berdoa dari rumah. Dia juga menginginkan masyaraka menginternalisasikannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Pancasila oleh Bung Karno digali dari buminya Indonesia, digali dari sejarah peradaban bangsa, termasuk sejarah peradaban umat manusia dan sejarah peradaban agama. Tradisi menjaga keseimbangan alam raya dengan mengistirahatkan bumi tersebut senapas dengan Pancasila dan menjadi praktek hidup bermasyarakat yang baik," kata dia. (tan/jpnn)

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan mengharapkan Nyepi menjadi momentum keseimbangan kehidupan guna menyucikan alam manusia dan alam semesta.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News