PDIP Partai Modern, tidak Meninggalkan Semangat Perjuangan Kerakyatan

PDIP Partai Modern, tidak Meninggalkan Semangat Perjuangan Kerakyatan
PDIP meski sudah menjadi partai modern tetap tidak meninggalkan semangat perjuangan kerakyatan. Ilustrasi. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Lembaga Kajian Politik Nusakom Pratama Ari Junaedi menyebut saat ini hanya PDI Perjuangan di antara partai politik lain yang mampu bertransformasi menuju modern tanpa meninggalkan semangat perjuangan tentang kerakyatan. 

"Dari semua partai politik, hanya PDIP yang menunjukkan muruahnya sebagai partai modern, tetapi tidak meninggalkan elan dia, elan partai sebagai partai kerakyatan," kata Ari kepada wartawan, Rabu (4/1). 

PDIP selain bertransformasi menuju partai modern, rutin menyosialisasikan mitigasi kebencanaan, edukasi stunting, pembentukan organ parpol di bidang kebudayaan. 

Segala upaya itu membuat PDIP mempertahankan sertifikat ISO dan diakui sebagai parpol berstandar internasional lewat penilaian sistem manajemen dan mutu layanan.

Ari menilai soliditas PDIP di bawah komando Ketua Umum Megawati Soekarnoputri membuat partai berlambang kepala banteng moncong putih itu bisa bertransformasi menjadi parpol modern. 

"Itu karena satu ada soliditas partai yang diketuai Ibu Megawati Soekarnoputri. Partai itu ruhnya di Ibu Megawati," kata dosen di Universitas Indonesia itu. 

Selain soliditas, lanjutnya, sistem kesekretariatan yang dibangun era Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto membuat parpol bernomor tiga pada Pemilu 2024 itu bisa menjadi partai modern. 

"Ada aplikasi, semua badan-badan partai berjalan. Itu yang menjadi pembeda PDIP dengan partai lain. PDIP tidak asyik, tidak hanya yang diurus politik saja, tetapi bagaimana partai ini juga mengurusi masakan (gizi rakyat) lewat resep masakan," ucap Ari. 

PDIP meski sudah menjadi partai modern tetap tidak meninggalkan semangat perjuangan yang menyala-nyala tentang kerakyatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News