PDIP Sebut Langkah Jokowi Sebagai Politik Berdikari

PDIP Sebut Langkah Jokowi Sebagai Politik Berdikari
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Foto: arsip JPNN.COM/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - PDI Perjuangan mendukung langkah Presiden Joko Widodo untuk mencintai produk dalam negeri. PDI Perjuangan menilai sikap pria yang akrab disapa Jokowi itu menunjukkan politik berdikari seperti yang digaungkan Proklamator RI Bung Karno.

"Jalan berdikari memerlukan topangan nation and character building. Apa yang disampaikan Presiden Jokowi harus menjadi sikap, pilihan, dan menjadi momentum bagi upaya meningkatkan kemampuan produksi nasional Indonesia," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan yang diterima, Senin (15/3).

Hasto melanjutkan, pihaknya terus berupaya meningkatkan kesadaran kebudayaan nasional, nasionalisme, karakter bangsa, dan daya unggul di dalam masyarakat. Hal-hal tersebut didorong melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Belajar dari peradaban dunia, bangsa besar maju karena kokoh dalam jati diri kebudayaan. Di situlah semangat berdikari, dan mentalitas untuk bangga dengan produk dalam negeri dikedepankan," kata Hasto.

Hasto mengingatkan, sebelum Bung Karno membacakan teks Proklamasi, Presiden Pertama RI itu menegaskan pentingnya bagi bangsa untuk berani meletakkan nasib bangsa dan tanah air di tangan sendiri.

"Hanya bangsa yang berani meletakkan nasib bangsa dan tanah air di tangan kita sendiri, akan berdiri dengan kuatnya," kata Hasto mengutip pesan Bung Karno.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo mengatakan produksi di sejumlah sektor dan ekonomi dunia dalam kondisi kesulitan di tengah pandemi virus Covid-19 ini. Oleh karena itu, Jokowi menginginkan masyarakat menjadikan momen tersebut untuk mencintai produk dalam negeri dan membenci barang asing. (tan/jpnn)

PDI Perjuangan mendukung langkah Presiden Joko Widodo untuk mencintai produk dalam negeri. PDI Perjuangan menilai hal tersebut sesuai dengan pesan Bung Karno.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News