PDIP Targetkan Cakada se-Indonesia Rampung pada Maret

PDIP Targetkan Cakada se-Indonesia Rampung pada Maret
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Senin (10/2). Foto: Fathan Sinaga/jpnn

jpnn.com, JAKARTA - PDI Perjuangan bakal merampungkan nama-nama calon kepala daerah (cakada) yang akan diusung pada Pemilu 2020. Sebab, sebelum cakada itu bertarung dalam kontestasi Pemilu, PDIP menginginkan setiap kandidat mengikuti program Sekolah Partai dalam rangka peningkatan sumber daya manusia (SDM).

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, penggodokan terhadap calon yang akan diusung partai masih terus dilakukan. Ditargetkan pada Maret ini mendatang sudah rampung.

"Sudah berhasil diselesaikan yang gelombang pertama itu adalah 48 paslon sehingga proses akan terus berjalan. Akhir Maret ini kami selesaikan semua," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Senin (9/3).

Saat ditanya bagaimana kesempatan putra Joko Widodo, Gibran Rakabuming, Hasto mengaku pihaknya akan mengumumkan pada Maret 2020 ini.

"Termasuk Solo (akan diumumkan), bahkan Mas Gibran kan sangat aktif di sosial media dengan gerakan turun ke bawah ini kan semangat anak muda," kata Hasto.

Nama calon kepala daerah Solo, kata Hasto, akan diumumkan bersamaan dengan cakada untuk Bali dan Kota Makassar. Sementara itu, pencalonan Bobby Nasution untuk Pilkada Medan pun akan diumumkan pada Maret mendatang. Namun, Hasto memperkirakan pengumuman terhadap Pilkada Solo dan Medan digelar terpisah.

Usai pengumuman gelombang dua, kata Hasto, PDIP langsung fokus pada pematangan dan pendidikan cakada lewat Sekolah Partai. Setelahnya dilanjutkan dengan strategi pemenangan pemilu.

"Setelah pengumuman itu akan diikuti dengan sekolah para calon kepala daerah," kata pria kelahiran Yogyakarta ini. (tan/jpnn)

Nama calon kepala daerah Solo, kata Hasto, akan diumumkan bersamaan dengan cakada untuk Bali dan Kota Makassar.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News