PDIP Terus Dorong Kader Makin Kreatif dan Melek Iptek

PDIP Terus Dorong Kader Makin Kreatif dan Melek Iptek
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat membuka Rapat Tiga Pilar DPD PDIP Kalsel di Banjarmasin, Senin (4/11). Foto: Humas DPP PDIP

jpnn.com, BANJARMASIN - Memenangi dua pemilu legislatif secara berturut-turut tak membuat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kendor. Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu tetap getol menggembleng kader-kadernya untuk persiapan menghadapi Pemilu 2024.

Menurut Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto, kader-kader partai berlambang kepala banteng itu harus kreatif. PDIP sebagai partai pelopor, katanya, harus memiliki kader yang konsisten hadir tengah-tengah persoalan rakyat. Sebagaimana dikutup dari siaran pers DPP PDIP, Hasto menyatakan bahwa berpolitik harus membuat legacy berharga.

"Legacy itu bukan hanya mencari kemenangan, menang pemilu berturut-turut, tetapi bagaimana berpartai itu hadir bersama rakyat. Hadir di tengah rakyat dengan legacy tersebut, itu tugas kita selanjutnya," tutur Hasto saat membuka Rapat Tiga Pilar DPD PDIP Kalimantan Selatan (Kalsel) di Banjarmasin, Senin (4/11).

Pemilu 2014 dan 2019 pun telah menjadi bukti bahwa kehadiran kader-kader PDIP di tengah persoalan rakyat mampu menarik pemilih. "Karena itulah PDIP mampu menang dua kali berturut-turut, dan untuk bisa menang tiga kali berturut-turut harus kita wujudkan," ucap Hasto.

Politikus asal Yogyakarta itu juga mengatakan, kader PDIP harus memperluas ruang gerak di luar politik seperti  ekonomi, wirausaha dan penguasaan iptek. Oleh karena itu PDIP memberi perhatian serius pada peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“PDIP ingin mengubah orientasi kepartaian dengan menekankan pentingnya menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi," kata Hasto di acara yang dihadiri Ketua DPD PDIP Kalsel Mardani H Maming dan para kepala daerah asal asal PDIP di provinsi berjuluk Bumi Lambung Mangkurat itu.

Dalam kesempatan itu Hasto juga menyampaikan pesan khusus dari Megawati untuk kader-kader PDIP di Kalsel. Menurut Hasto, Presiden Kelima RI itu mewanti-wanti kader PDIP di Kalsel peduli terhadap lingkungan.

"Ibu Megawati berpesan agar kepala daerah PDIP di Kalimantan Selatan menjadi pelopor politik hijau dengan mencintai tanaman. Kalsel dikarunia alam yang luar biasa. Kepala daerah wajib membangun kebun raya jangan hanya mengurusi tambang saja. Mari jaga kekayaan alam dengan politik penghijauan," ucap Hasto.

Memenangi dua pemilu legislatif secara berturut-turut tak membuat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kendor dalam menggembleng kader-kadernya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News