Pedagang-Petugas Pasar Kebon Kembang Bogor Jalani Tes Swab, Bagaimana Hasilnya?

Pedagang-Petugas Pasar Kebon Kembang Bogor Jalani Tes Swab, Bagaimana Hasilnya?
Pelaksanaan swab test secara acak terhadap 300 orang, yakni pedagang, petugas pasar, dan pembeli, di Pasar Kebon Kembang Kota Bogor, Jumat (8/5). Foto: ANTARA/HO/Pemkot Bogor

jpnn.com, BOGOR - Dinas Kesehatan Kota Bogor melakukan tes swab COVID-19 secara acak terhadap sekitar 300 orang yakni pedagang, petugas pasar, maupun pembeli di Pasar Kebon Kembang Kota Bogor, Jumat (8/5).

Tes Swab dilakukan dengan mengukur temperatur tubuh dan pengambilan sampel dahak untuk dilakukan uji polymerase chain reaction (PCR) di laboratorium.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto saat meninjau pelaksanaan tes swab di Pasar Kebon Kembang mengatakan, saat ini lokasi yang rawan terjadi penyebaran COVID-19 adalah stasiun kereta api, pasar dan rumah sakit.

"Pasar yang banyak kerumunan orang ini yang paling sulit mendeteksinya. Karena itu, dilakukan swab test untuk mendeteksi penyebaran COVID-19 di pasar," kata Bima Arya.

Menurut Bima, melalui swab test akan diketahui apakah ada penyebaran COVID-19 atau tidak, sehingga warga dapat memahami bahayanya membiarkan kerumunan di pasar.

Bima menjelaskan, peralatan swab test yang digunakan petugas dari Dinas Kesehatan adalah bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebanyak 300 paket.

"Kami minta ke Pak Gubernur untuk membantu pelaksanaan swab test untuk warga Kota Bogor. Alhamdulillah Pak Gubernur menyetujuinya," katanya.

Pada kesempatan tersebut, Bima Arya juga menyatakan bahwa di Kota Bogor mulai terjadi pelambatan kasus positif COVID-19. "Tapi, kami tetap menerapkan PSBB (pembatasan sosial berskala besar) secara ketat hingga pandemi COVID-19 berakhir," katanya.

Lokasi yang rawan terjadi penyebaran Corona (COVID-19) adalah stasiun kereta api, pasar dan rumah sakit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News