Pegiat IKM Kota Kudus Berhasil Menggunakan Fasilitas Bea Cukai

Pegiat IKM Kota Kudus Berhasil Menggunakan Fasilitas Bea Cukai
Sosialisasi dan Sharing Session Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) IKM di Jepara . Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JEPARA - Industri kecil dan menengah (IKM) berperan pentingan dalam mendorong perekoniman Indonesia secara menyeluruh. Tidak hanya sebagai penggerak roda perekonomian nasional, IKM juga mampu menjadi sumber penghidupan dan pembangunan masyarakat. Terutama dalam industri yang lebih menonjolkan aspek-aspek ekonomi, seperti kesempatan kerja, pemerataan pendapatan, pembangunan ekonomi pedesaan, dan lain-lain.

Hal inilah yang melatarbelakangi Bea Cukai Kudus menyelenggarakan Sosialisasi dan Sharing Session Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE) IKM di Jepara yang dihadiri oleh 70-an orang pegiat IKM di wilayah Kabupaten Jepara, Kamis (12/03).

Kepala Kantor Bea Cukai Kudus Gatot Sugeng Wibowo, menyampaikan bahwa fasilitas KITE IKM yang diberikan Bea Cukai merupakan kebijakan yang dirancang untuk memacu IKM melakukan dan meningkatkan ekspornya. “Kebijakan ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing dan mendukung produk-produk IKM nasional dapat berbicara banyak di kancah internasional,” ujar Gatot.

Ia pun mengatakan bahwa lewat sharing session ini, para pengusaha IKM dapat menginformasikan apa saja kendala yang mereka hadapi untuk mendapatkan atau dalam menggunakan fasilitas KITE IKM, dan berjanji Bea Cukai Kudus siap berperan aktif memberikan asistensi untuk keberhasilan para pengusaha IKM dalam memanfaatkan fasilitas yang sangat mudah dan ramah bagi IKM tersebut.

Pemaparan Gatot menuai banyak testimoni dari para penggiat IKM di Kota Kudus. Salah satunya, Luqi Hermawanti dari PT Chakra Naga Furniture, perusahaan yang telah menggunakan fasilitas KITE IKM yang menceritakan masa-masa sulit yang pernah dilaluinya hingga akhirnya bertemu fasilitas KITE IKM.

"Dulu lahan yang saya miliki hanya 300-an meter persegi di pinggir sungai. Sekarang saya memiliki sekitar empat hektar lahan. Barang-barang saya telah diekspor ke berbagai negara dan karyawan saya semakin banyak. Bea Cukai sangat sigap membantu dan melayani. Bea Cukai juga sangat aktif memberikan sosialisasi sehingga Bapak Ibu dan kita semua tidak perlu repot-repot lagi mencari-cari informasi sendiri,” ujarnya.

Masih menurut Luqi, fasilitas KITE IKM ini sangat membantu. Pemerintah melalui Bea Cukai telah membuka keran-keran kemudahan. “Kita tinggal datang memanfaatkannya. Asal kita serius, bersungguh-sungguh, dalam usaha dan memanfaatkan fasilitas KITE IKM, Tuhan yang Mahakuasa pun berkenan memilih kita sebagai jalan bagi perolehan rezeki masyarakat,” pungkasnya.(ikl/jpnn)

Industri kecil dan menengah (IKM) berperan pentingan dalam mendorong perekoniman Indonesia secara menyeluruh.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News