Pegiat Kuliner Prihatin Buruknya Keamanan Pangan

Pegiat Kuliner Prihatin Buruknya Keamanan Pangan
Pegiat Kuliner Prihatin Buruknya Keamanan Pangan. Kupat Tahu

jpnn.com - JPNN.com JAKARTA - Inilah kekayaan yang dimiliki Indonesia. Tidak hanya budaya, tapi juga kuliner beragam di Nusantara.

Dari Sabang sampai Merauke tiap daerah mempunyai masakan-masakan khasnya sendiri. Tapi apakah kita tahu apa saja masakan yang berasal dari luar daerah asal kita sendiri?

Biasanya tidak. Dari situlah lahir ide komunitas Aku Cinta Masakan Indonesia (ACMI) sebagai upaya untuk melestarikan dan mempromosikan keragaman budaya Indonesia melalui masakan.

Adalah Santhi Serad, sosok di balik berdirinya ACMI bersama William Wongso dan banyak pegiat kuliner lainnya.

“Ada tiga kegiatan utama ACMI, di antaranya secara rutin mengadakan potluck bersama anak-anak muda, culinary sharing dengan mempelajari sejarah dan keunikan bahan-bahan asli masakan Indonesia, dan secara aktif melakukan culinary diplomacy ke luar negeri untuk mempromosikan kuliner Indonesia,” kata  Santhi.

Santhi mengatakan, kelemahan kita dalam promosi kuliner Indonesia ke dunia internasional paling sering adalah tampilannya yang kurang menarik.

Sejak lima tahun terakhir Kementerian Pariwisata mengunggulkan tumpeng sebagai ikon kuliner Indonesia, dengan 30 jenis masakan lainnya mengelilinginya.

Kuliner sebagai salah satu bentuk industri kreatif tentunya mesti diperjuangkan oleh pemerintah. Sayangnya sampai saat ini Santhi belum merasakan perubahan setelah Badan Ekonomi Kreatif dipisahkan dari Kementerian Pariwisata.

JPNN.com JAKARTA - Inilah kekayaan yang dimiliki Indonesia. Tidak hanya budaya, tapi juga kuliner beragam di Nusantara. Dari Sabang sampai Merauke

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News