Rabu, 23 Mei 2018 – 06:34 WIB

Pejuang ini Dianugerahi Gelar Bapak Ilmu Pelayaran Karena...

Selasa, 27 Februari 2018 – 09:29 WIB
Pejuang ini Dianugerahi Gelar Bapak Ilmu Pelayaran Karena... - JPNN.COM

jpnn.com - MAS PARDI atau lazim tertulis M Pardi seumuran dengan Bung Karno. Negara menyematkannya gelar Bapak Ilmu Pelayaran.

Wenri Wanhar – Jawa Pos National Network

Karirnya melejit. M Pardi satu di antara sedikit anak muda Indonesia yang dilantik menjadi perwira oleh Koninkijke Marine (K.M)—satuan Angkatan Laut di zaman Hindia Belanda.

Jadi, sewaktu menguasai negeri yang hari ini bernama Indonesia, pemerintah Hindia Belanda membuka beberapa sekolah untuk mencetak kader-kader pelaut.

Antara lain; Prins Hendrik School Afdeling Zeevaarrkundig Leergang di Jakarta; Kweekschool voor Inlandse Schepelingen di Makassar; Zeevaartschool di Surabaya; K.P.M. Zeevaartschool di Jakarta.

Belanda merekrut anak-anak negeri jajahannya untuk mengabdi dalam Koninkijke Marine (K.M). Tetapi hanya sebagai matros saja. Pelayan dan koki.

Mulanya, anak-anak negeri jajahan tak diberi kesempatan memegang jabatan pimpinan. Belakangan, sedikit orang yang dianggap dapat dipercaya diberi pangkat onder officer. Meski jumlahnya hanya hitungan jari.

Di antara orang2 tadi dapat kita sebutkan di sini, beberapa nama… Jaitu; Pak Maridjo, Pak Pardi, Pak Adam, Pak Nazir, Pak Pirngadi dan lain2nja,” tulis arsip Sedjarah ALRI.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar