Pekan Ini Program Jateng di Rumah Saja Dijalankan, Dua Hari Jangan Beraktivitas di Luar ya

Pekan Ini Program Jateng di Rumah Saja Dijalankan, Dua Hari Jangan Beraktivitas di Luar ya
Gubernur Ganjar Pranowo usul ide baru untuk cegah covid-19. Foto: Instagram

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan sedang menyiapkan surat edaran untuk daerah-daerah terkait pelaksanaan program Jateng di Rumah Saja.

Rencananya, program tersebut akan dijalankan di Jateng pada akhir pekan ini.

“Hasil rapat dengan para Sekda dan alhamdulillah sebagian besar setuju. Kira-kira kita siap di tanggal 6-7 untuk melakukan gerakan di rumah saja secara bersama-sama,” ucap Ganjar di rumah dinasnya, usai mengikuti rapat monitoring vaksinasi COVID-19 dengan Menkes pada Selasa (2/2).

Dalam edaran, lanjut Ganjar, juga disiapkan imbauan pada tempat-tempat keramaian untuk tutup pada 6-7 Februari mendatang. Ganjar menyebut, kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk bersih-bersih sekaligus penyemprotan desinfektan.

“Hanya dua hari saja tempat-tempat keramaian pariwisata toko pasar istirahat dulu. Nah nanti pasar-pasar kesempatan kami semprot semuanya biar sekalian bersih, tempat pariwisata juga ditutup dulu,” jelasnya.

Ganjar berharap, pelaksanaan Jateng di Rumah Saja bisa memunculkan kesadaran pada masyarakat. Sebab, pelaksanaan ini takkan efektif tanpa partisipasi masyarakat.

“Sehingga kami harapkan masyarakat dua hari tidak tumpah ruah di jalan, semua ada di rumah dan kami minta partisipasi ini dilakssanakan oleh seluruh masyarakat. Ini sudah disiapkan surat edarannya nantinya agar perhari ini nanti bisa berjalan dengan baik,” terangnya.

Ganjar mengatakan, kebijakan ini merupakan respons dari daerah setelah Presiden Joko Widodo dalam keterangan persnya beberapa waktu lalu menyebut pelaksanaan PPKM gagal.

Gubernur Ganjar Pranowo sedang mempersiapkan program Jateng di Rumah Saja yang akan dijalankan hari ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News