Pekan Ini, Regulasi Bea Keluar Tambang Diberlakukan

Pekan Ini, Regulasi Bea Keluar Tambang Diberlakukan
Pekan Ini, Regulasi Bea Keluar Tambang Diberlakukan
JAKARTA – Kementerian Keuangan akan menerbitkan regulasi baru pengenaan bea keluar 14 komoditas tambang pada pekan ini. Dalam kebijakan baru itu, bea keluar semua komoditas tersebut akan dipukul rata sebesar 20 persen.

“Ya minggu ini (aturannya), tarifnya sama 20 persen semua,” kata Plt Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementrian Keuangan, Bambang PS Brodjonegoro di Jakarta, Selasa (8/5).

Menurutnya, pemberlakuan tarif ini akibat yang diekspor tersebut adalah bahan mentah ORE dan sulit untuk dibedakan antara yang satu dengan lainnya karena masih bersifat tanah. Oleh karena itu, daripada terlalu lama menimbulkan komplikasi di pelabuhan ketika mau di ekspor maka pemerintah mengambil langkah untuk menyamakan tarifnya.

Sementara itu, Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengakui pihaknya sudah menerima surat dari Menteri ESDM untuk pengusulan tarif bea keluar yang rata-rata 20 persen. Disebutkan, pembahasan masih berada di tim tarif dan secara prinsip, substansinya sudah dibicarakan dalam pertemuan dengan Menko Perekonomian.

JAKARTA – Kementerian Keuangan akan menerbitkan regulasi baru pengenaan bea keluar 14 komoditas tambang pada pekan ini. Dalam kebijakan baru

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News