Pelabuhan Garongkong Bakal Terhubung Kereta Api

Pelabuhan Garongkong Bakal Terhubung Kereta Api
Ilustrasi pelabuhan. Foto: Jawa Pos/JPNN

jpnn.com, SULAWESI SELATAN - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, akhir 2019 Pelabuhan Garongkong di Provinsi Sulawesi Selatan bakal dihubungkan dengan moda kereta api.

"Paling tidak akhir 2019 nanti dermaga akan selesai diperpanjang dari 250m menjadi 750m dan nantinya akan dihubungkan dengan moda kereta api yang pada 2019 nanti sudah terbangun konstruksinya sepanjang 107km," ucap Budi saat melakukan kunjungan kerja ke Pelabuhan Garongkong, Jumat (27/10).

Menurutnya, Pelabuhan Garongkong di Provinsi Sulawesi Selatan ini sangat ideal karena mempunyai kedalaman laut yang bagus dan mempunyai breakwater alami.

"Pelabuhan Garongkong mempunyai kedalaman laut yang bagus yaitu 12-16m serta mempunyai breakwater alam yaitu sebuah pulau, oleh karenanya Pelabuhan Garongkong ini sangat ideal," tutur Budi.

Budi menerangkan, pembangunan perpanjangan dermaga akan dilakukan dengan anggaran APBN atau dikerjasamakan dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

"Nanti perpanjangan dermaga akan kita gunakan APBN atau Kerjasama dengan skema KPBU. Dalam 3-4 bulan akan dilakukan persiapan tender untuk pembangunan dermaga tersebut," tandasnya.(chi/jpnn)


Menurut Budi, Pelabuhan Garongkong di Provinsi Sulawesi Selatan ini sangat ideal karena mempunyai kedalaman laut yang bagus dan mempunyai breakwater alami.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News