Pelajaran Bermain Bola dari Van Bronckhorst

Pelajaran Bermain Bola dari Van Bronckhorst
EFEKTIF - Aksi Giovanni van Bronckhorst (tengah-putih) saat memperkuat tim Internasional Stars dalam laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Foto: Charlie Lopulua/Indopos.
JAKARTA - Pagelaran Starbol tidak seperti yang diharapkan. Itu jika diukur dari minimnya jumlah penonton yang datang langsung menyaksikan jalannya pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) tadi malam.

Padahal pertandingan yang penyelenggaraannya dibidani oleh APPI (Asosiasi Pemain Profesional Indonesia) itu diikuti oleh pemain pemain lokal dan asing terbaik di kompetisi Indonesia. Tak hanya itu, pertandingan Starbol juga diikuti oleh sosok yang punya nama besar di persepakbolaan dunia. Yaitu mantan kapten timnas Belanda yang pernah merumput bersama FC Barcelona dan Arsenal Giovanni Van Bronckhorst.

Akan tetapi, terlepas dari jumlah penonton yang hanya sekitar seribu itu, laga Starbol tadi malam menghadirkan beberapa makna penting. Yang pertama tentu saja pelajaran bagaimana bermain sepak bola yang sebenarnya seperti yang diperagakan Van Bronckhorst.

Bermain hanya 45 menit di babak pertama, pemain berdarah Maluku itu tampil memukau dengan gaya mainnya yang sederhana, visi permainan bagus, serta penguasaan bola dan umpan-umpannya yang akurat. "Giovanni menunjukkan hal positif. Dia bermain sederhana dan efektif. Itulah permainan sepak bola," kata Jacksen F Tiago, pelatih Tim Putih yang bermaterikan pemain-pemain asing plus Van Bronckhorst. "Semoga para pemain Indonesia bisa memetik pelajaran dari cara main Giovanni," lanjutnya.

JAKARTA - Pagelaran Starbol tidak seperti yang diharapkan. Itu jika diukur dari minimnya jumlah penonton yang datang langsung menyaksikan jalannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News