Pelaku Skimming Bobol Rekening Nasabah 64 Bank di Dunia

Pelaku Skimming Bobol Rekening Nasabah 64 Bank di Dunia
Ilustrasi ATM. Foto: Indopos/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Subdit Resmob Ditresrimum Polda Metro Jaya menangkap kelompok pelaku skimming yang melibatkan warga negara Rumania, Hungaria, dan Indonesia.

Selain membobol bank di Indonesia, pelaku yang berjumlah lima orang itu juga membobol bank luar negeri.

“Total ada 64 bank di dalam dan luar negeri jadi korban," ujar Kanit IV Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKP Rovan Richard Mahenu, Jumat (16/3).

Dia mengatakan, pelaku membobol saldo rekening nasabah di 64 bank di dunia yang terdiri atas 13 bank domestik dan 51 bank luar negeri.

Perwira pertama ini menambahkan, pelaku skimming termasuk jaringan internasional yang melakukan kejahatan lintas negara.

Kelima pelaku yakni Caitanovici Andrean Stepan, Raul Kalai alias Lucian Meagu, Ionel Robert Lupu, Ferenc Hugyec, serta Milah Karmilah.

Petugas meringkus para pelaku di De Park Cluster Kayu Putih Blok AB 6 Nomor 3, Serpong, Tangerang, Banten, di Bohemia Vilage 1 Nomor 57, Serpong, Tangerang, di Hotel Grand Serpong Tangerang, dan di Hotel De Max Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Dari pengungkapan ini, petugas mengamankan barang bukti untuk mencuri data nasabah bank seperti deepskimmer yang sudah jadi, encorder, dan tiga unit spycam. (mg1/jpnn)

Subdit Resmob Ditresrimum Polda Metro Jaya menangkap kelompok pelaku skimming yang melibatkan warga negara Rumania, Hungaria, dan Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News