Pelamar CPNS Formasi Penjaga Tahanan Bakal Dites Fisik

Pelamar CPNS Formasi Penjaga Tahanan Bakal Dites Fisik
Peserta Tes CPNS Kemenkumham rela berpanasan menunggu giliran pemeriksaan berkas dan tinggi badan untuk SLTA, Selasa(12/09) di GOR Kotabaru. FOTO: M RIDWAN/JAMBI EKSPRES/JPNN.com

jpnn.com, BANDARLAMPUNG - Para peserta tes CPNS Kemenkumham Lampung untuk formasi penjaga tahanan yang berijazah SLTA akan menjalani ujian Kesamaptaan.

Ujian kesamaptaan ini menjadi bagian dari tes Standar Kompetensi Bidang (SKB).

Kepala Subbagian Humas dan Pelaporan Kanwi Kemenkumham Lampung Erwin Setyawan menjelaskan, yang akan mengikuti SKB ini sebanyak 1.432 peserta, yakni yang lulus tes Komputer Assisted Test (CAT) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dinyatakan lolos. Rinciannya, 1.207 pelamar laki-laki dan 225 pelamar perempuan.

"Sebagai penjaga tahanan memang dibutuhkan CPNS yang bugar dari segi fisik dan itu wajib," kata Erwin.

Tes kesamaptaan bakal dihelat hingga Sabtu (28/10). Lokasi tes dipusatkan di Stadion Sumpah Pemuda, PKOR, Wayhalim, Bandarlampung. "Nantinya akan ada pembina dari Satuan Brimob Polda Lampung yang akan membantu," kata Erwin.

Sampai kemarin, Kanwil Kemenkumham Lampung belum menerima petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis mengenai tata cara dan penilaian oleh panitia.

Tetapi, mencontoh dari penerimaan CPNS sebelumnya untuk formasi penjaga tahanan ada beberapa tes fisik yang bakal diuji. "Salah satunya shuttle run (berlari, red) dan tes fisik lainnya," jelasnya.

Lantas, adakah ambang batas kelulusan dalam tes kesamaptaan ini ? Dia mengaku belum tahu.

Untuk CPNS formasi penjaga tahanan memang dibutuhkan fisik yang kuat dan bugar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News