Pelanggan PLN Tambah, Byar Pet Turun

Pelanggan PLN Tambah, Byar Pet Turun
Pelanggan PLN Tambah, Byar Pet Turun
JAKARTA – Upaya memperkuat keandalan pasokan listrik tanah air, tampaknya, mulai membuahkan hasil. Data PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menunjukkan, byar pet atau pemadaman telah turun.

Direktur Utama PT PLN Dahlan Iskan mengatakan, berdasar parameter SAIDI dan SAIFI, angkanya menunjukkan penurunan. ’’Memang masih ada pemadaman, tapi sudah turun," ujarnya di Komisi VII DPR, Rabu (18/5).

SAIDI adalah System Average Interuption Duration Index atau lamanya pemadaman listrik yang dialami rata-rata pelanggan. Adapun SAIFI adalah System Average Interuption Frequency Index atau seringnya pemadaman yang dialami rata-rata pelanggan PLN.

Data PLN menunjukkan, pada triwulan I 2011, SAIDI tercatat 64,98 menit per pelanggan. Angka ini turun jika dibandingkan dengan angka periode sama 2010 yang 215 menit per pelanggan. Adapun angka SAIFI pada triwulan I 2011 turun signifikan menjadi 1,29 kali per pelanggan dari periode sama 2010 yang 2,50 kali per pelanggan.

JAKARTA – Upaya memperkuat keandalan pasokan listrik tanah air, tampaknya, mulai membuahkan hasil. Data PT Perusahaan Listrik Negara (PLN)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News