Pelantikan Bupati Kobar Kian Tak Pasti

Pelantikan Bupati Kobar Kian Tak Pasti
Pelantikan Bupati Kobar Kian Tak Pasti
JAKARTA - Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) membantah kabar yang beredar bahwa Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) di Kalimantan Tengah bakal dilantik di Istana. “Itu tidak benar. Yang pasti hingga saat ini belum ada petunjuk untuk hal itu,” tegas Juru Bicara Kementrian Dalam Negeri RI, Reydonnizar Moenek, Kamis (27/10).

Menurut birokrat yang akrab disapa dengan nama Donny itu, Kementrian yang dipimpin Gamawan Fauzi itu juga belum menetapkan waktu pelaksanaan, tempat, serta pejabat yang melantik Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Barat. “Pelantikan kepala daerah adalah kewenangan presiden yang didelegasikan kepada Mendagri atau Gubernur,” terang Donny.

Seperti diketahui sebelumnya, Gubernur Kalimantan Tengah, Agustin Teras Narang SH mengembalikan mandat untuk melantik Bupati Kobar. “Menindaklanjuti surat gubernur tersebut, maka Mendagri meminta petunjuk kepada Presiden terkait pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kobar. Dan hingga saat ini kita masih menunggu petunjuk dari Presiden,” tambah Donny.

Karenanya, Donny juga tidak berani memastikan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Kobar. Sebelumnya Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang malah mengembalikan kewenangannya untuk melantik Ujang Iskandar dan Bambang Purwanto ke Mendagri. Alasannya, DPRD Kobar menolak menyelenggarakan sidang paripurna.

 

JAKARTA - Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) membantah kabar yang beredar bahwa Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) di Kalimantan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News