Pelapor Heryanty Tio Cabut Laporan di Polda, Penyidik Pengin Tahu Motif di Baliknya

Pelapor Heryanty Tio Cabut Laporan di Polda, Penyidik Pengin Tahu Motif di Baliknya
Kabid Humas Polda Metro Jaya KombesYusri Yunus. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengungkapkan pengusaha asal Palembang Heryanty Tio pernah menjadi terlapor kasus tindak pidana.

Putri bungsu mendiang Akidi Tio itu diduga menipu rekan bisnisnya.

Pihak yang melaporkan Heryanty adalah pengusaha bernama Ju Bang Kioh. Laporan itu terdaftar di Polda Metro Jaya dengan nomor: LP/1025/II/YAN.2.5/2020/SPKT PMJ tanggal 14 Februari 2020

Menurut Yusri, pelapor dan Heryanty pernah berkongsi dalam bisnis kain songket, air conditioner (AC), dan pekerjaan interior pada 2018. "Totalnya semua sekitar Rp 7,9 miliar," ujar Yusri, Selasa (3/8).

Singkat cerita, Bang Kioh menagih janji Heryanty tentang pembagian keuntungan dari kongsi bisnis itu. Namun, hingga Februari 2020, terlapor tak kunjung menerima pembayaran keuntungan.

"Janji itu tidak dipenuhi oleh si terlapor, sehingga dilaporkan ke Polda Metro Jaya," tutur Yusri.

Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 itu menuturkan Heryanty selama proses penyelidikan dan penyidikan belum pernah memenuhi panggilan penyidik.

Pada saat penyidik berencana melakukan panggilan pemeriksaan terhadap Heryanty lagi, tiba-tiba Bang Kioh menyurati Polda Metro Jaya pada 28 Juli 2021.

Pengusaha Ju Bang Kioh yang menjadi rekan bisnis putri Akidi Tio merasa tertipu soal janji pembagian keuntungan.