Pelari Afsel Jalani Uji Jenis Kelamin

Pelari Afsel Jalani Uji Jenis Kelamin
DIRAGUKAN - Pelari muda Afrika Selatan, Caster Semenya, yang menjadi perhatian lantaran berprestasi khususnya di nomor lari 800 meter wanita sekaligus mengundang kontroversi terkait jenis kelaminnya yang diragukan. Foto: Getty Images.
BERLIN - Kendati tengah menghadapi masalah soal jenis kelaminnya yang diragukan, pelari remaja asal Afrika Selatan (Afsel) terus menoreh prestasi. Sebagaimana diberitakan AP, Kamis (20/8) pagi WIB, pelari yang berkompetisi di kelompok wanita ini, Rabu (19/8) waktu setempat, dengan mudah meraih medali emas nomor lari 800 meter dalam Kejuaraan Dunia Atletik 2009 di Berlin, Jerman.

Dalam perlombaan yang menjadi spesialisasinya ini, Caster Semenya, nama sang pelari, mulai memimpin di separuh lintasan terakhir, hingga akhirnya memasuki finish dengan keunggulan 2,45 detik dari Janeth Jepkosgei, juara bertahan yang ada di belakangnya - disusul Jennifer Meadows dari Inggris. Catatan waktu Semenya yang 1 menit 55,45 detik sendiri disebut merupakan rekor dunia baru.

Usai memasuki garis akhir tersebut, seperti diberitakan, Semenya terlihat menepuk pundaknya dengan kedua tangan. Ia lantas tak memberikan komentar sepatah kata pun kepada wartawan seusai lomba, serta disebutkan tidak menghadiri konferensi pers.

Keberhasilan itu diraih Semenya pada hari yang sama dengan pengumuman resmi dari IAAF - lembaga dunia bidang atletik - bahwa ia tengah menjalani sebuah uji gender, lantaran jenis kelaminnya yang diragukan masuk ke dalam kategori wanita. Tes verifikasi itu sendiri telah diminta IAAF untuk dilakukan oleh institusi atletik Afsel sekitar tiga pekan lalu.

BERLIN - Kendati tengah menghadapi masalah soal jenis kelaminnya yang diragukan, pelari remaja asal Afrika Selatan (Afsel) terus menoreh prestasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News